cover
Contact Name
Bahrun ALi Murtopo
Contact Email
bahrunalimurtopo@gmail.com
Phone
-
Journal Mail Official
cakrawalajurnal@gmail.com
Editorial Address
-
Location
Kab. kebumen,
Jawa tengah
INDONESIA
Cakrawala : Jurnal Kajian Manajemen Pendidikan Islam dan Studi Sosial
ISSN : 25809385     EISSN : 25810197     DOI : -
Core Subject : Education, Social,
Cakrawala invites scholars, researchers, and students to contribute the result of their studies and researches in the areas related to Education Management, Islam, Muslim society, which covers textual and fieldwork investigation with various perspectives of Education, Learning, philosophy, theology, and others.
Arjuna Subject : -
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 2 No 2 (2018)" : 5 Documents clear
KAJIAN PEMIKIRAN KEISLAMAN DAN KEBANGSAAN KH BISRI MUSTOFA REMBANGDALAM KITAB SYI’IR NGUDI SUSILA Agus Salim Chamidi
Cakrawala: Jurnal Kajian Manajemen Pendidikan Islam dan studi sosial Vol 2 No 2 (2018)
Publisher : Prodi MPI IAINU Kebumen

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (245.134 KB) | DOI: 10.33507/cakrawala.v2i2.50

Abstract

This article is a research about Book Syi’ir Ngudi Susila written by KH Bisri Mustofa Rembang. The book (kitab) explaines about susila (moral, ethics, akhlakul karimah). The author of the book is a kyai founded pesantren Raudhatut Thalibin Leteh Rembang, and also a famaous politician. Research aims to know contents of the book and to find the author’s Islamic thoughts. Results refer those, (1)habitus and modal owned by the author (agent) much influence contents of the book, (2)this book is as a form of the santri’s cultural reproduction efforts, (3)through this book the author seems try to building profile of ‘anak Islam’ (santri, children of Islam) Nusantara whose have Islam ethics and nationality Indonesia. Keywords: Kitab Syi’ir Ngudi Susila, habitus, modal, cultural reproduction, santri Abstrak Tulisan ini merupakan riset tentang Kitab Syi’ir Ngudi Susila karya KH Bisri Mustofa Rembang.Kitab ini menjelaskan susila (budi pekerti, akhlakul karimah). Penulis kitab merupakan seorang kyai pendiri pesantren Raudhatut Thalibin Leteh Rembang dan juga seorang politisi handal. Riset ini bertujuan untuk mengetahui isi kitab dan menemukan pemikiran keIslaman penulis. Hasil riset menunjukkan bahwa, (1)habitus dan modal yang dimilik penulis (agen) banyak mempengaruhi isi kitab, (2)kitab ini merupakan wujud untuk upaya reproduksi kultural santri, (3)melalui kitab ini penulis nampaknya mencoba membangun profil ‘anak Islam’ (santri) Nusantara yang berakhlakul karimah sekaligus berwawasan kebangsaan Indonesia.
Peranan Permpuan Dalam Media Sosial Bahrun Ali Murtopo
Cakrawala: Jurnal Kajian Manajemen Pendidikan Islam dan studi sosial Vol 2 No 2 (2018)
Publisher : Prodi MPI IAINU Kebumen

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (312.038 KB) | DOI: 10.33507/cakrawala.v2i2.51

Abstract

Perkembangan Media Informasi mengubah dinamika kehidupan dari segala sisikehidupan. Tentu, media sosial ini masih dekat hubungannya dengan laki-laki. Peran perempuan dalam hal perkembangan teknologi masih minoritas. Pandangan masyarakat masih konservatif melihat perempuan yang masih didominasi dalam segalahal oleh laki-laki. Postfeminisme melihat bahwa identitas dapat menguatkan diri perempuan atas patriarki laki- laki karena identitas bukanlah “pemberian” tetapi dibentuk. Media sosial menjadi sarana perempuan untuk membuktikan bahwa merekadapat mengaktualisasi diri mereka dengan baik melalui pembentukan identitas yang solid didalamnya sehingga ketimpangan sosial dalam komunitas virtual dapat diatasi. Dengan demikian, fungsi media sosial dalam penghubung komunikasi diantara laki-laki dan perempuan dapat terlaksana. Bahkan, diharapkan pula perempuan yang aktif beradadalam dinamika media sosial berikut derasnya arus informasi yang ada didalamnyadapat membuat perempuan lebih kuat secara status dan dapat mengatasi problematika dominasi-marjinal dalam dunia virtual ini.
METODE TERAPI PENDIDIKAN SUFISTIK MUGIARTO ,
Cakrawala: Jurnal Kajian Manajemen Pendidikan Islam dan studi sosial Vol 2 No 2 (2018)
Publisher : Prodi MPI IAINU Kebumen

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (283.661 KB)

Abstract

Di era globalisasi yang serba materialistik metode terapi pendidikan sufistik bagi penderita gangguan jiwa menjadi sangat penting karena menambah keimanan kepada Allah swt, sebab individu yang benar-benar religius akan selalu siap menghadapi berbagai problematika dalam kehidupan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan penerapan metode terapi pendidikan sufistik dalam rangka penyembuhan penderita gangguan jiwa di Padepokan Wali Sirri Desa Winong Kecamatan Mirit Kabupaten Kebumen. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan mengambil latar di Padepokan Wali Sirri Desa Winong Kecamatan Mirit Kabupaten Kebumen. Penelitian ini mendeskripsikan tentang penerapan metode terapi pendidikan sufistik untuk penyembuhan penderita gangguan jiwa di Padepokan Wali Sirri Desa Winong Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi dan wawancara. Teknik analisis data menggunakan model interaktif terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan kesimpulan.Uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber, metode dan teori. Metode terapi pendidikan sufistik dalam menyembuhkan penderita gangguan jiwa memberikan dampak yang baik bagi para pasien yang telah mengikuti proses terapi pendidikan sufistik. Para pasien mengalami perubahan jiwa yang membaik, dan akhirnya sembuh.
Studi Meta Analisis Pengaruh Scientific Approach dalam Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Dr Heri Retnawati; Imam Subarkah
Cakrawala: Jurnal Kajian Manajemen Pendidikan Islam dan studi sosial Vol 2 No 2 (2018)
Publisher : Prodi MPI IAINU Kebumen

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (257.179 KB)

Abstract

This study aims to analyze Scientific Approach Learning models intended to improve Learning Outcomes. Scientific Approach is learning process designed in such a way that learners actively construct concepts, laws, or principles through the stages, observing stages, formulating problems, submitting hypotheses, collecting data with various techniques, analyzing data, drawing conclusions, and communicating. In this study the researchers used a meta-analysis method. First, the researcher formulated the research problem, then proceeded to review the existing relevant research for analysis. Data were collected by using a non-test technique by browsing electronic journals through Google Scholar and studying documentation in the library. Twevfe were found through Google Scholar and twoe was found in the library. Based on the analysis of the results, the Scientific Approach learning model can improve Learning Outcomes
SISTEM PENDIDIKAN PESANTREN Atsmarina Awanis
Cakrawala: Jurnal Kajian Manajemen Pendidikan Islam dan studi sosial Vol 2 No 2 (2018)
Publisher : Prodi MPI IAINU Kebumen

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (235.605 KB)

Abstract

Pendidikan sebagai usaha meningkatkan kualitas hidup manusia baik secara lahiriyah maupun bathiniyah, individu maupun sosial harus dilandaskan pada sistem yang terencana dengan baik dan diikuti dengan penerapan kurikulum yang tepat dan benar. Hal itu dimaksudkan agar tercapai tujuan pendidikan yang diinginkan dan sesuai dengan perkembangan zaman. Oleh karena itu keberasilan proses pendidikan sangat tergantung pada kurikulum yang digunakannya, walaupun tidak menampik pentingnya peranan aspek-aspek pendidikan yang lainnya. Mengingat peranan kurikulum dalam sebuah sistem pendidikan begitu vital, maka setiap lembaga pendidikan harus mampu menerapkan serta mensistematikan suatu bentuk kurikulum yang dinilai mampu membawa kepada suatu kondisi pendidikan yang ideal. Kondisi yang menggambarkan hakekat tujuan pendidikan yang sebenarnya dalam membentuk individu yang berkemampuan secara intelektual, skill dan moral serta mampu menunjukkan eksistensinya sebagai sebuah lembaga pendidikan yang mampu bertahan di setiap perkembangan zaman tanpa harus melepas identitas aslinya sebagai lembaga pendidikan yang konsisten menjaga tradisi-tradisi lama.

Page 1 of 1 | Total Record : 5